welcome to ikatan sosiologi indonesia nasional

Kontak

ISI Sosiologi
Jurusan Sosiologi FISIPOL UGM
Sosio Yustia 2, Yogyakarta
E. sekretariat@isi-sosiologi.org
E. wacana3000@gmail.com

@. Facebook/ISISosiologi
@. Twitter/ISISosiologi

Keanggotaan

Registrasi formulir keanggotaan Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI) melalui form.

Sharing Informasi

Untuk memberikan informasi terbaru, silahkan akses : form.

Link terkait :
APSSI | APSA | ISA

Dialog Global Edisi 8.2

Fundamentalisme pasar dan neoliberalisme mempengaruhi kehidupan dan pengalaman sehari-hari di banyak belahan dunia. Uang, pasar, serta pemikiran neoliberal berada di jantung dari politik kontemporer dalam konteks supra-nasional, inter-nasional, serta trans-nasional yang berbeda-beda. John Holloway, kritikus kapitalisme, memperlihatkan kekuatan destruktif dari uang, dinamika kapitalisme finansial, serta perkembangan yang bermasalah di Uni Eropa, namun juga melihat alternatif bentuk masyarakat lain yang masih dimungkinkan. Para penulis tentang think tank neoliberal mengingatkan bahwa neoliberalisme merupakan cermin dari tradisi pejal gagasan liberal mengenai pasar yang meregulasi dirinya sendiri. Think tank neoliberal merupakan protagonis berpengaruh dari gagasan ini, meskipun kita mungkin tidak selalu menyadarinya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam satu dasawasa terakhir, pekerjaan perawatan telah menjadi sebuah isu yang kian mendapatkan perhatian dari para sosiolog. Pusparagam topik ini – pasar perawatan yang baru, marketisasi tubuh, perubahan tatanan keluarga serta gender, migrasi serta rantai global perawatan – dianggap mempunyai jalinan hubungan yang mendasar dengan perubahan kapitalisme kontemporer dan hubungan gender, ras, serta kelas. Selain itu, edisi ini mempresentasikan Jaringan Penelitian untuk Hak Pekerja Domestik yang berhasil memperjuangkan kondisi kerja yang lebih baik di sektor ini.

Hartmut Rosa, dengan teori Resonansinya, mengritik sejumlah asas mendasar dari masyarakat kapitalis modern untuk selalu mempercepat, bertumbuh, serta berkompetisi. Lebih jauh kemudian, wawancara dengan Jasminka LaĹžnjak, memperlihatkan perkembangan di Eropa Timur dan Tenggara serta tantangannya bagi sosiologi. Sebuah artikel lain menelaah konflik seputar urbanisasi di Tiongkok.
 
Publikasi Dialog Global Edisi 8.2 bisa diakses via